BELUT GORENG CABE HIJAU

                                                  BELUT GORENG CABE HIJAU

          Bagi sebagian orang melihat belut seperti melihat ular. Jika belutnya sudah terlalu besar memang seperti ular. Jadi aku suka belut yang agak kecil untuk dimasak. Tetapi bagi diriku belut adalah makanan kesukaanku. Belut mempunyai nilai gizi yang tinggi jadi sangat baik untuk tubuh.

          Belut bisa diolah menjadi berbagai ragam masakan. Aku sangat menyukai belut goreng cabe hijau. Rasanya sangat makyus. Kalau untuk pengolahan belut sebenarnya sih tak pernah bersihkan sendiri karena biasanya aku beli dipasar sudah langsung minta dibersihkan sekali. Belut itu sudah dimatikan dan kemudian dikeluarkan isi perutnya, Jadi sampai dirumah tinggal diulang lagi mencucinya sampai bersih dan kemudian dilumeri dengan garam dan asam jawa biar lendirnya hilang.

         Cara pengolahan belut goreng cabe hijau sebenarnya sangat mudah. Belut yang sudah dibersihkan kemudian dibumbui dengan bawang putih yang dihaluskan kemudian dilumuri ke belut. Kemudian setelah dilumuri bawang putih didiami sebentar kemudian baru digoreng tapi sebelumnya belut dipotong-potong sepanjang telunjuk. Belut digoreng dan setelah digoreng digeprek biar tulangnya agak remuk serta menjadi pipih. Untuk sambalnya, cabe hijau, bawang merah dan tomat hijau di tumbuk atau diulek kasar aja. Baru nanti cabe yang telah ditumbuk kasar ditumis baru kemudian dimasukan belut, digaul gaul dan siap disajikan dengan nasi putih panas.

           Anak-anakku pada waktu melihatku memasak belut agak geli tapi setelah dirasakannya BELUT GORENG CABE HIJAU ketagihan dan langsung berucap," Besok buat lagi sambal belut ini ya bu." Akhirnya secara tidak langsung diriku telah memperkenalkan makanan kegemaranku kepada anak-anak

DESI YARNI,S.Pd
SMPN I KUNDUR UTARA
KARIMUN - KEPRI
Http://Desinajwa.blogspot.com



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENULIS 3 ALENIA

LONTONG SAYUR