GUDEG



GUDEG


     Makanan tradisioal Indonesia sangat banyak ragam, cita rasa serta bentuk penyajian, karena Indonesia terbentang mulai  dari sabang sampai merauke . Dari beraneka ragam makanan Indonesia sebenarnya ada yang mempunyai cita rasa , bentuk dan bahan bahan serta pembuatan yang sama. Sebagai contohnya adalah Gudeg dengan Rendang Nangka


     Makanan khas kota Jogyakarta salah satunya  adalah Gudeg. Kalau sekali dengar kata Gudeg kedengarannya seperti Budeg. Dengar kata Budeg pasti pikiran kita langsung tertuju ke pelawak Indonesia yaitu Om Bolot, adalah  orang yang paling budeg se Indonesia, tetapi om bolot akan menjadi bagus pendengarannya jika ditanya oleh seorang cewek cantik. Mulailah naluri  budegnya hilang.Oke kembali lagi kita ke perkataan Budeg , sorry perkataan Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas jogyakarta yang bahan utamanya adalah dari nangka muda yang dibumbui dengan Jahe beserta keluarganya direbus dengan gula merah dan daun jati serta nanti dikasih santan dimasak sampai matang. Gudeg ada 2 macam yaitu ada gudeg yang masih basah dan ada gudeg yang kering.
Gudeg basah karena memasaknya tidak selama gudeg kering.


     Gudeg untuk daerah jogya dan daerah jawa sekitarnya memang sangat disukai masyarakatnya. cita rasa gudeg yang sangat manis dan disajikan berdampingan dengan nasi putih serta makanan lainnya seperti krecek, ayam , tahu, tempe. Penyebab gudeg sangat manis dan merah agak kecoklatan warnanya berasal dari gula merah dan daun jati. Suatu saat nanti aku pasti dapat merasakan Gudeg asli khas Jogyakarta, karena sebelumnya hanya  mendengar cerita kota jogya dan gudeg dari adik ipar.  "Orang Padang pasti tidak akan menyukai gudeg bu." Kata perjakaku. Mudah mudahan setelah Indonesia bebas dari Penyakit yang lagi Viral yaitu Virus Covid 19 hilang dari muka bumi,aku dan keluarga dapat menikmati Gudeg yang manis dan indahnya kota jogya yang selalu diceritakan perjakaku.



DESI YARNI, S.Pd
SMPN I KUNDUR UTARA
KARIMUN - KEPRI
http://Desinajwa.blogspot.com






































Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELUT GORENG CABE HIJAU

MENULIS 3 ALENIA

LONTONG SAYUR