PENTIGRAF

PENTIGRAF


desi yarni desiyarni99@gmail.com

Min, 29 Mar 20.35 (2 hari yang lalu)
kepada omjaylabs@gmail.com
RESUME
BELAJAR MENULIS GELOMBANG KE - 7
SABTU, 28 MARET 2020
NARA SUMBER   :  ROSIANA FEBRIYANTI
MATERI                :  PENTIGRAF


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu


Wah senangnya hati ada pertemuan ke - 2 pada malam minggu. Walaupun malam minggu biasanya sering keluar jalan tapi malam minggu sekarang harus stay dirumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Alhamdullilah terisi juga malam minggu ini dengan kegiatan yang positif lagi menyenangkan.

Om jay memberi kata pembuka dan salam di grup dan kami secara bergantian menjawab salam . Tepat jam 19.00 materi dimulai yang akan disampaikan oleh nara sumber yang bernama Ibu ROSIANA FEBRIANTI dengan materi PENTIGRAF.

Pentigraf adalah Akronim dari cerpen 3 paragraf yang diakhirnya ada kesimpulan bahkan dibumbui dengan akhir yang manis aatau menyedihkan. Penggagas pentigraf yang bernama DR. Tengsoe Tjahjono sebagai Presiden Kampung Pentigraf Indonesia mengatakan Pentigraf adalah :
a. Cerpen 3 paragraf merupakan cerita utuh
b. fiksi mini yang hanya dibatasi 3 paragraf
    Ciri cirinya adalah
1. Panjang tulisannya 3 paragraf
2. Satu paragraf hanya memiliki satu gagasan pokok
3. Secara teknis penulisan di komputer : stu paragraf satu kali enter
4. Sebagai cerpen, memiliki narasi yaitu:
a. Alur ( Ada konfliknya )
b. Tokoh ( yang menggerakkan alur )
c. Topik ( Persoalan yang dialami tokoh )
d. Latar ( waktu, tempat dan suasana )

PROSES KREATIF
Ide  bisa kita dapat dari mana saja termasuk  pengalaman pribadi, yang dikemas dalam bentuk cerita dan bahasa yang menarik yang endingnya berbagai macam, ada yang membahagiakan , menyedihkan bahkan ada yang memberi twist  atau memberi kejutan. Dialog dalam pentigraf diminimalkan dan diubah dalam bentuk narasi atau deskripsi dan memerlukan dialog agar cerita tidak hambar  dan sebagai kejutan tidak terduga bagi pembaca. Paragraf jangan panjang panjang cukup ringkas saja dan tidak banyak percakapan dalam paragraf tersebut. 

STRUKTUR
Struktur sebuah Pentigraf adalah  :
a. Permulaan
b. Tengah
c. Penutup

Setiap bagian ini isilah dengan pembeda yang kisahnya harus terus bergerak maju lengkap dengan konflik dan resolusi. 
Paragraf kedua berisi alur yang didalamnya konflik yang dialami tokohnya dengan satu kalimat langsung, dialog lainnya dinarasikan saja.
Paragraf ketiga merupakan resolusi atau kesimpulan . Ada twist diakhir kisah. 

Tata cara menulis dialog yang benar adalah :
1. Penggunaan tanda titik di akhir dialog. 
    Contoh  : "Aku yakin dia pemenangnya."
2.Tanda baca ditempatkan sebelum tanda kutip di akhir dialog.
    Apabila diiringi narasi, maka ketentuannya sebagai berikut
    Contoh : " Dia sangat berbakat."Menatap Bayu kagum.
    Huruf awal narasi harus huruf kapital.
3. Jika narasinya berada diawal .
    Contoh : Andi tersenyum." Kamu adalah sahabat terbaik."
     Menggunakan tanda baca titik ( . )

Nah, itu adalah resume dari materi bu Rosi. Asalkan om jay tau aja , baru setengah bu Rosi kirim materi langsung ketawa ngakak dan pegang kepala. Aduh apa bentuk  materi ini, tidak ada yang dipahami sedikit pun . Awal kata Pentigraf saja sudah berpikir, apakah ini? Kok tidak seenak materi yang disampaikan om jay pada malam jumat kemarin. Tetapi setiap materi yang masuk ke grup tetap ku ikuti terus tanpa ketinggalan tetapi sambil garuk garuk kepala. Mulailah otak ni bekerja, suailah orang bilang kalau menulis itu sulit. Baru materi kedua sudah kelimpungan rasanya dan ingin untuk keluar grup saja. 
Tetapi setelah memantau dan membaca  serta memahami materi  dari  bu Rosi, tertantang untuk mengerjakan tugas  beliau yaitu PENTIGRAF .
Wow setelah tulisan pentigraf dikirim ke grup dan mendapat tanggapan dari bu rosi.. Sungguh mengharukan tulisanku dengan judul ANAK TETANGGA.
Hal yang paling menyenangkan dan tidak  terduga bagi diriku adalah Pentigraf Anak Tetangga dimasukkan Bu Rosi ke Blog pribadinya. Hal yang benar benar diluar perkiraanku.
Terima kasih bu Rosi atas materi dan ilmu yang disampaikan dan selalu tunjuk ajar kami supaya bisa mengikuti jejak Om Jay, Bu Rosi serta Tutor - tutor lainnya yang akan mengisi materi sampai pertemuan ke - 20 nanti. Akhir kata kuucapkan terima kasih banyak atas semua ilmu yang diberikan secara gratis tetapi sangat mudah untuk dikuasai.
Saya sudahi dengan mengucapkan Hamdallah karena telah mendapatkan 2 ilmu dalam masa 2 hari.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELUT GORENG CABE HIJAU

MENULIS 3 ALENIA

LONTONG SAYUR