MENULIS 3 ALENIA

RESUME KE -1
BELAJAR MENULIS GELOMBANG KE 7
JUMAT. 27 MARET 2020
WIJAYA KUSUMAH

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Pertama kali bergabung dalam BELAJAR MENULIS GELOMBANG 7 ini melalui kiriman dari kawan sesama mengajar di SMPN I Kundur Utara . Pada awalnya kurang semangat melihat brosur tersebut, Tetapi setelah dibaca brosurnya kok timbul semangat ingin mengetahui apakah itu BELAJAR MENULIS. 

Tepat pada hari Kamis tanggal 26 Maret 2020 saya bergabung dalam grup WA Belajar Menulis Gelombang 7 dengan anggota sebanyak 256 peserta dan pada jam 19.00 Wib sampai dengan jam 21.00 Wib,  pembelajaran dimulai dengan pemateri BAPAK WIJAYA KUSUMAH yang biasa dipanggil dengan sebutan OM JAY dengan materi MENULIS 3 ALENIA.

Pembelajaran diawali dengan ditampilkannya foto SEPIRING SOMAY, Masing masing peserta diminta untuk membuat 3 alenia dari Sepiring Somay tersebut. Mulailah para peserta menulis hal yang berkenaan dengan sepiring somay, Pada awalnya saya saya hanya mendengar perintah kata somay tanpa fokus dengan gambar yang telah ditampilkan om jay tersebut, jadi pada waktu penulis saya  kehabisan ide karena tidak biasa menulis atau lebih tepatnya tidak tahu cara menulis yang benar, kata perintah yang awalnya disuruh 3 alenia tapi saya buat cuma 1 alenia saja. Masing masing peserta saya lihat hasil tulisannya sangat bagus, sedangkan  tulisan saya rasa kurang bagus.
Tapi saya berusaha lagi buat tulisan sampai 3 alenia dan rupanya saya bisa menyelesaikan 3 alenia tersebut walaupun isinya kurang bagus menurut saya.

Dari gambar sepiring somay tadi rupanya menghasilkan karya tulisan berbagai ragam dan om jay tidak mengatakan tulisan siapa yang benar dan tulisan siapa yang salah.  

Berarti dari sebuah foto kita dapat membuat sebuah tulisan yang menarik, Dalam menulis 3 alenia harus ada ;
a. Alenia Pembuka 
b. Alenia Isi
c. Alenia Penutup
Kita juga dapat  menulis dalam bentuk ;
a. Fiksi atau Khayalan
b. Non Fiksi atau Kisah Nyata

Kemudian om jay memberi contoh hasil tulisanya tentang somay 3 alenia yang mencakup didalamnya ada alenia pembuka, alenia isi dan alenia penutup. Setelah Om jay memberikan contoh  tadi kemudian dibuka sesi tanya jawab.

Dalam sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan  termasuk saya dengan menanyakan " Bagaimana cara memulai menulis untuk pemula"  dan dijawab oleh om jay adalah " Menulis dari apa yang disukai dan dikuasai ". Dari pertanyaan dan jawaban dalam sesi tanya jawab tersebut sedikit demi sedikit mulai memahami cara menulis dan semuanya berawal dari hal yang kita sukai dan yang kita kuasai . Insya Allah saya akan berusaha untuk bisa jadi penulis. Makasih banyak om jay telah berbagi  ilmu cara menulis dan telah membuka kelas gratis menulis ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELUT GORENG CABE HIJAU

LONTONG SAYUR