MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT ANDI YOGYAKARTA

Resume ke - 19
Belajar menulis gelombang ke - 7

Narasumber          :  EDI S. MULYANTA S.Si,M.T.
Materi                    :  Menulis dan menerbitkan buku di penerbit Andi Yogyakarta 
Waktu                    :  22  April  2020


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

       Kembali lagi pembelajaran online melalui grup wa berlangsung. Kali ini materi disi oleh Bapak Edi S. Mulyanta dengan materi perkuliahan yaitu Menulis dan menerbitkan buku di penerbit Andi yogyakarta dengan moderator Mr BamS.

      Rupanya Mas edy, sapaan yang diberikan Mr BamS baru pulang kantor karena shif ke 2. Kemudian barulah dimulai pembelajaran. Mas Edi menjelaskan bahwa sekarang ini penerbitan betul betul seddang di uji ketahananya, terutama kondisi terkini di outlet penerbitan tutup karena pandemi. Darah penerbitan adalah karya tulis dari penulisnya, yang diubah menjadi sebuah media buku yang dapat dinikmati pembacanya melalui outlet-outlet pemasaran baik toko buku, kampus, sekolah dan pembaca secara langsung. Setiap penerbit telah dipercayakan ISBN dari perpustakaan nasional sebagai penanda setip terbitannya dan dianaungi di bawah IKAPI sebagai lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mewadahi setiap penerbit di luar penerbit kampus.

       Sebagai penulis mempunyai ciri khas terbitan dan tujuannya agar tulisannya sesuai dengan misi penerbit, penulis jg dapat mengirimkan usulan dan proposal terlebih dahulu.  agar misi dan visi penerbit sama. Penerbit mempunyai SOP dalam memilah dan memilih tulisan untuk dijadikan komoditas industri dengan tujuan terbitannya dapat dapat terserap di pasar dengan cepat. Penerbit juga mempunyai pasar yang direkam dari outlet-outlet sehingga insting dari penulis jadi terasah. Kunci bagi penulis yaitu :
1. Pemilihan judul yang baik
2. Pasar sasaran yang akan dituju
3. Melakukan sedikit riset pesaing
Dari hal tersebut secara gamblang ditawarkan kepada penerbit. 
Proses penerbitan buku cukup panjang adalah
1. Administrasi penerbitan awal adalah kelengkapan naskah mulai dari 
    a. Judul
    b. Nama pengarang,
    c.  Kata pengantar
    d. Prakata
    e. Daftar isi
    g. Bab
    h. Sinopsi
2. Proses Editing akan terbantu dengan
    a. Pengetahuan ejaan
    b. Pemilihan kata
    c. Kalimat paragraf
    d. Hirarki bab
3. Setting Layout juga mempunyai peranan yang penting  karena
    a. Ukuran buku
    b. Jumlah halaman
    c. Keindahan halaman per halaman
4. Desain cover mempunyai peranan strategis dalam sebuah buku. Apabila tipikan pembeli buku        di Indonesia berdasarkan dari keindahan dan seberapa menarik cover buku tersebut
5. Proses produksi 
6. Antrian yang cukup lama.

       Saat proofing,penulis sebaiknya memberikn beberapa perbaikan ide untuk lebih memperkuat pasar buku yang ditulisnya. Kerjasama yang baik dari penulis dan pengetahuan data dari penerbit akan dapat menetukan keberhasilan tulisan untuk terserap di pasar. Akan tetapi dari pengalaman, Tidak ada buku best seller yang By Design artinya Banyak buku best seller di Indonesia, terkadang karena karunia  semata.  Jadi jangan takut menawarkan tulisan ke penerbit karena pada dasarnya penerbit juga Trial and error dalam menerbitkan bukunya. Hanya pengalaman dan intuisi terkadang membantu untuk menghindari kerugian akibat terbitannya tidak laku di pasar.

DESI YARNI,S.Pd
SMPN I KUNDUR UTARA
KARIMUN - KEPRI
Http://Desinajwa.blogspot.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELUT GORENG CABE HIJAU

MENULIS 3 ALENIA

LONTONG SAYUR