MENULIS TANPA IDE

Resume ke - 8
Belajar menulis gelombang ke - 7

Narasumber          :  BUDIMAN HAKIM
Materi                     : MENULIS TANPA IDE 
Waktu                     : 07 April  2020

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu


     Untuk yang kedua kalinya pemateri digrup Belajar menulis gelombong ke 7 menggunakan panggilan yang familiar sekali, yang pertama adalah Pak  Wijaya Kusumah yang lebih senang dipanggil dengan sebutan Om jay. Pemateri malam ini juga dipanggil dengan sebutan Om Bud bahkan sampai mertuanya menyapanya dengan nama Om Bud. 

     Untuk materi pada malam ini Om Bud menyampaikan materi, " MENULIS TANPA IDE." Dari materi sudah terbayang kalau menulis itu tanpa ide seperti apa.. tapi bayangan tak semudah kenyataannya. untuk itu materi malam ini bisa diterapkan untuk bisa menulis tanpa ide. Menulis tanpa ide merupakan judul buku terbaru om bud.

     Tulisan yang bagus adalah yang mampu menggugah emosi pembaca dengan cara penilaiannya cuma dengan satu pertanyaan, " Apakah buku kita mampu membuat pembaca tertawa terbahak-bahak." jadi yang terpenting dalam kita menulis buku wajib memasukkan unsur emosi dalam cerita tersebut. Tetapi hal itu tidak semuadah yang kita bayangkan dalam pelaksanaannya. karena sering kali kita tidak mempunyai ide yang diistilahkan dengan WRITERS BLOCK. Jadi ada 2 hal yang bisa dilakukan yaitu:
1. Memanfaatkan emosi
adalah menuliskan semua perubahan emosi dalam kehidupan sehari-hari yang dikenal dengan nama CERPENTING ( CERITA PENDEK TIDAK PENTING ) merupakan metode menuliskan peristiwa peristiwa remeh yang terjadi disekeliling kita yang bisa membuat kita tertawa atau terharu aatas peristiwa tersebut artinya bisa menggugah emosi. Jadi cerpenting itu merupakan cerita pendek tidak peting tapi menimbulkan emosi pembaca. Menulis cerpenting memang menulis sesuatu yang tidak penting tapi manfaatnya sangat penting karena akan menggugah emosi pembaca dengan topik yang sangat sepele  apalagi kalau kita meniulis hal yang sangat penting. Setiap apa yang menggugah emosi harus dicatat kemudian disimpan dilaptop dijadikan satu folder dengan nama SUMBER IDE sehingga bisa menjadi inspirasi setiap akan memulai menulis.

2. Memancing emosi 
adalah emosi yang bisa konversikan menjadi ide. Rahasia cara menulis tanpa ide ,"JANGAN MENUNGGU IDE DATANG LALU BARU MENULIS. MENULISLAH DULU MAKA IDE AKAN DATANG KEPADAMU." Pertanyaannya adalah Bagaimana kita menulis kalo belum ada ide? Jadi Ide itu tak boleh ditunggu , ide itu harus dipancing. Kita perhatikan yang ada disekeliling yang ditangkap oleh pancaindera kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan dalam beberapa kalimat yang nanti akan memicu supaya  ide datang. Pada intinya Biasakan menulis dulu tanpa perlu menunggu ide datang. Menulis adalah sebuah proses , Menulis bukan skill yang bisa diperoleh dalam waktu semalam, jadi kita harus berlatih. 



DESI YARNI,S.Pd
SMPN I KUNDUR UTARA 
KARIMUN - KEPRI
Desinajwa.blogspot.com

Komentar

  1. keren..lengkap resumenya, lanjutkan utk menulis..

    kunjungi blog saya dan tinggalkan jejak

    muhammadtaufiq1969.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak pak atas suportnya, kalau ada waktu tolong koreksikan tulisan saya yang lainnya. soalnya saya ni sangat pemula sekali pak

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELUT GORENG CABE HIJAU

MENULIS 3 ALENIA

LONTONG SAYUR