PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL

Resume ke - 18
Belajar menulis gelombang ke - 7

Narasumber          :  Wijaya Kusumah, M.Pd
Materi                    :  Pembelajaran Daring Yang Ideal
Waktu                    :  21  April  2020


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

       Perkuliahan yang oleh Bapak Wijaya Kusumah dengan materi Pembelajaran Daring Yang Ideal mengunakan perangkat ZOOM  atau Meeting Zoom. Materi ini tidak kuikuti karena sinyal yang kurang memadai sehingga tidak bisa terakses. Alhamdullilah pembelajaran ini bisa dipahami setelah omjay panggilan akrab untuk Pak Wijaya Kusumah mengirimkan slide pembelajaran daring.

       Dalam slide tersebut ada foto omjay sebagai pemenang Inobel sorak  ke III Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP. Kemudian omjay juga menampilkan, "Jangan menunggu ide datang lalu baru menulis, Menulislah dulu maka ide akan datang padamu." 
( Budiman Lukman).  Memang betul Jika kita menunggu ide pasti akan lama sekali datangnya dan kita tidak akan memulai untuk menulis. Sebenarnya diriku sudah bisa menulis dari sejak SMP karena jika terjadi masalah dalam hidupku selalu kutulis dalam secarik kertas, kutuangkan semua uneg-uneg yang ada didalam hati dan dikepalaku. Kutuangkan semua kemarahan dan kejengkelanku diatas kertas. Banyak halaman bisa kutulis. Setelah semuanya kutulis, kemudian kertas yang telah berisi tulisan tersebut kurobek-robek lantas kurendam dalam air sampai lumer dan hilang semua kekesalan hati seiring hancurnya kertas dalam air. Itu kulakukan sampai sekarang. Setelah mengikuti perkuliahan online yang dikomandoi oleh omjay baru ku mengerti.Alangkah lebih baiknya tulisan-tulisanku yang sejak SMP disimpan dan mungkin sekarang sudah bisa menjadi sebuah BUKU. 
       
       Buku Digital atau Buku Cetak , dalam era sekarang ini akan lebih baik dimulai dengan membuat Buku Digital. Begitu juga dengan cara pepmebalajaran. Cara pembelajaran biasa di dunia nyata dengan langsung bertatap muka atau berkumpul untuk menerima materi pelajaran. Untuk zaman sekarang ini pembelajaran bisa diperoleh seperti yang telah dilakukan oleh omjay, yaitu pembelajaran menggunakan Wa grup seperti sekarang ini.

      Untuk pembelajaran daring sekarang ini yang kami lakukan adalah masih melalui WA GRUP dengan masing-masing kelas, sehingga setiap anak mengetahui tugas dan pembalajaran yang diberikan. Tetapi karena akses internet yang masih kurang terjangkau dan anak anak banyak yang tinggal dipelosok serta masih ada sebagian anak anak yang tidak mempunyai hp android sehingga menyebabkan pembelajaran online kurang berjalan dengan baik.. 

       Terima kasih omjay yang telah membuka kelas online menulis ini sehingga sedikit banyak diriku mulai memahami IT yang bisa digunakan untuk pembelajaran walaupun jarak beribu-ribu KM antara peserta, yang saling tidak mengenal satu sama lain tetapi bisa satu dalam grup wa. Sekali lagi terima kasih omjay atas ilmu dan tenaga serta pikiran yang telah dibagikan kepada para peserta. Rupanya peserta dalam pembelajaran online ini beragam ilmu dan kepandaiannya. 
Semoga omjay sehat selalu, dimurahkan rezeki serta selalu berbagi ilmu menulis dan ilmu yang lainnya, Bravo omjay.  

DESI YARNI, S.Pd
SMPN I KUNDUR UTARA
KARIMUN - KEPRI
Http://Desinajwa.blogspot.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELUT GORENG CABE HIJAU

MENULIS 3 ALENIA

LONTONG SAYUR